Keunggualan dan Keterbatasan dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya, di Indonesia dan ASEAN
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Yak rekan rekan ketemu lagi nih sama Rekan SMP setelah 1 Minggu aku ga Upload apa apa. Nah kali ini Rekan SMP akan Membahas tentang Materi Kelas 8 IPS yaitu Keunggualan dan Keterbatasan dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya, di Indonesia dan ASEAN. Nah buat kalian yang kelas 8 langsung aja nih simak pembahasan di bawah ini. Oh ya Rekan juga boleh Copas secara bebas di Rekan SMP.
Yak sekian dulu pembahasan dari Rekan SMP, aku harap ini membantu rekan, dan jangan lupa berlangganan atau follow blog ini.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Yak rekan rekan ketemu lagi nih sama Rekan SMP setelah 1 Minggu aku ga Upload apa apa. Nah kali ini Rekan SMP akan Membahas tentang Materi Kelas 8 IPS yaitu Keunggualan dan Keterbatasan dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya, di Indonesia dan ASEAN. Nah buat kalian yang kelas 8 langsung aja nih simak pembahasan di bawah ini. Oh ya Rekan juga boleh Copas secara bebas di Rekan SMP.
Keunggulan dan
Keterbatasan Antarruang Dalam Permintaan
Keunggulan dan Keterbatasan
Antarruang Dalam Permintaan - Antarruang bisa berarti antar tempat dan antar
wilayah, baik batas desa, kota atau negara. Seperti yang sering dikatakan oleh
orang antara desa yang satu dengan desa yang lain, antar kota dan antar negara.
Antarruang
dalam permintaan maksudnya
terjalin atau adanya interaksi antara ruang (tempat) yang satu dengan ruang
(tempat) yang lain dalam hal permintaan dalam rangka pemenuhan barang dan jasa.
Terdapatnya kebutuhan terhadap
barang dan jasa menjadi salah satu pendorong timbulnya permintaan.
Keunggulan dan
Keterbatasan Antarruang Dalam Permintaan
Apa itu
kebutuhan?
Kebutuhan adalah berbagai barang dan jasa yang hendak dipenuhi oleh setiap
manusia dalam rangka menunjang hidupnya. Kebutuhan sifatnya lebih mendesak dari
keinginan dalam hal pemenuhannya,. mengingat tidak semua keinginan harus
dipenuhi oleh orang, bertolak belakang dengan yang namanya kebutuhan.
Untuk dapat memenuhi berbagai
kebutuhan manusia itu dengan tepat efisien, maka harus dibuat skala prioritas
daftar kebutuhan menurut tingkat kepentingannya. Hendaknya yang paling pokok
atau penting ditempatkan pada urutan pertama untuk dipenuhi, kemudian disusul
oleh kebutuhan-kebutuhan berikutnya sesuai tingkat kepetingannya.
Apa itu
Permintaan?
Permintaan adalah keinginan yang disertai kemampuan (punya modal atau uang)
untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga tertentu.
Artinya orang akan cenderung membelanjakan uangnya dengan melihat harga
dari suatu barang dan jasa. Itu sebabnya permintaan terhadap barang akan
melonjak tajam apabila harga barang tersebut murah, apalagi kalau kualitas
barang yang murah tersebut bagus. Dan sebaliknya jika harga barang terlalu
tinggi dan tidak dapat dijangkau oleh daya beli, maka permintaan barang
tersebut menjadi rendah alias sedikit.
Makanya hukum permintaan berbunyi:
Semakin rendah
harga suatu barang maka semakin tinggi permintaan terhadap barang tersebut dan
semakin tinggi harga barang maka semakin sedikit permintaan barang tersebut.
Ruang yang berbeda dapat menciptakan
kebutuhan dan permintaan yang berbeda.
Keunggulan suatu daerah dan
keterbatasan daerah yang lain dapat menimbulkan interaksi. Keunggulan wilayah
pedesaan, misalnya, adalah menghasilkan produk pertanian. Adapun wilayah
perkotaan memiliki keterbatasan dalam memproduksi hasil pertanian. Sebagai
akibatnya, maka perkotaan akan mendatangkan hasil-hasil pertanian dari desa
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan.
Sebaliknya pedesaan lemah terhadap
hasil-hasil industri, seperti elektronika dan garmen yang menjadi keunggulan
daerah perkotaan, maka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa terhadap produk
elektronik dan garmen tersebut, maka didatangkan dari kota.
Itu adalah gambaran kecil dari
timbulnya suatu permintaan akibat keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki
oleh masing-masing tempat atau wilayah.
Faktor-faktor
lainnya yang mempengaruhi permintaan.
Selain keunggulan dan keterbatasan
antarruang, faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan adalah:
- · Harga barang yang bersangkutan
- · Harga barang pengganti
- · Harga barang pelengkap
- · Pendapatan masyarakat
- · Intensitas kebutuhan
- · Selera
- · Perubahan peradaban
- · Jumlah penduduk
- · Ramalan masa yang akan datang.
Yak sekian dulu pembahasan dari Rekan SMP, aku harap ini membantu rekan, dan jangan lupa berlangganan atau follow blog ini.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Komentar
Posting Komentar