Pengunjung

Keunggualan dan Keterbatasan dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya, di Indonesia dan ASEAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yak rekan rekan ketemu lagi nih sama Rekan SMP setelah 1 Minggu aku ga Upload apa apa. Nah kali ini Rekan SMP akan Membahas tentang Materi Kelas 8 IPS yaitu Keunggualan dan Keterbatasan dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya, di Indonesia dan ASEAN. Nah buat kalian yang kelas 8 langsung aja nih simak pembahasan di bawah ini. Oh ya Rekan juga boleh Copas secara bebas di Rekan SMP.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Dalam Permintaan

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Dalam Permintaan - Antarruang bisa berarti antar tempat dan antar wilayah, baik batas desa, kota atau negara. Seperti yang sering dikatakan oleh orang antara desa yang satu dengan desa yang lain, antar kota dan antar negara.
Antarruang dalam permintaan maksudnya terjalin atau adanya interaksi antara ruang (tempat) yang satu dengan ruang (tempat) yang lain dalam hal permintaan dalam rangka pemenuhan barang dan jasa.
Terdapatnya kebutuhan terhadap barang dan jasa menjadi salah satu pendorong timbulnya permintaan.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Dalam Permintaan
Apa itu kebutuhan?
Kebutuhan adalah berbagai barang dan jasa yang hendak dipenuhi oleh setiap manusia dalam rangka menunjang hidupnya. Kebutuhan sifatnya lebih mendesak dari keinginan dalam hal pemenuhannya,. mengingat tidak semua keinginan harus dipenuhi oleh orang, bertolak belakang dengan yang namanya kebutuhan.
Untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan manusia itu dengan tepat efisien, maka harus dibuat skala prioritas daftar kebutuhan menurut tingkat kepentingannya. Hendaknya yang paling pokok atau penting ditempatkan pada urutan pertama untuk dipenuhi, kemudian disusul oleh kebutuhan-kebutuhan berikutnya sesuai tingkat kepetingannya.
Apa itu Permintaan?
Permintaan adalah keinginan yang disertai kemampuan (punya modal atau uang) untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga tertentu.
Artinya orang akan cenderung membelanjakan uangnya dengan melihat harga dari suatu barang dan jasa. Itu sebabnya permintaan terhadap barang akan melonjak tajam apabila harga barang tersebut murah, apalagi kalau kualitas barang yang murah tersebut bagus. Dan sebaliknya jika harga barang terlalu tinggi dan tidak dapat dijangkau oleh daya beli, maka permintaan barang tersebut menjadi rendah alias sedikit.
Makanya hukum permintaan berbunyi:

Semakin rendah harga suatu barang maka semakin tinggi permintaan terhadap barang tersebut dan semakin tinggi harga barang maka semakin sedikit permintaan barang tersebut.
Ruang yang berbeda dapat menciptakan kebutuhan dan permintaan yang berbeda.
Keunggulan suatu daerah dan keterbatasan daerah yang lain dapat menimbulkan interaksi. Keunggulan wilayah pedesaan, misalnya, adalah menghasilkan produk pertanian. Adapun wilayah perkotaan memiliki keterbatasan dalam memproduksi hasil pertanian. Sebagai akibatnya, maka perkotaan akan mendatangkan hasil-hasil pertanian dari desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan.
Sebaliknya pedesaan lemah terhadap hasil-hasil industri, seperti elektronika dan garmen yang menjadi keunggulan daerah perkotaan, maka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa terhadap produk elektronik dan garmen tersebut, maka didatangkan dari kota.
Itu adalah gambaran kecil dari timbulnya suatu permintaan akibat keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki oleh masing-masing tempat atau wilayah.

Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi permintaan.
Selain keunggulan dan keterbatasan antarruang, faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan adalah:

  • ·         Harga barang yang bersangkutan
  • ·         Harga barang pengganti
  • ·         Harga barang pelengkap
  • ·         Pendapatan masyarakat
  • ·         Intensitas kebutuhan
  • ·         Selera
  • ·         Perubahan peradaban
  • ·         Jumlah penduduk
  • ·         Ramalan masa yang akan datang.

Yak sekian dulu pembahasan dari Rekan SMP, aku harap ini membantu rekan, dan jangan lupa berlangganan atau follow blog ini.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar